Beberapa Info bagi yang berminat :

Sabtu, 09 Mei 2009

Franchise Pisang Goreng Cepat Untung dan Balik Modalnya

Pisang goreng. Makanan kecil ini bukan hanya dapat dijumpai di tukang gorengan pinggir jalan, dengan “tampang” lecek dan cuma seukuran jari, melainkan juga bisa ditemui di hotel berbintang dengan “wajah berbedak” keju atau cokelat dan harga puluhan ribu, serta nama kebarat-baratan

Pisang goreng termasuk makanan yang fast moving. Maka jika Anda ingin menekuni bisnis ini hanya membutuhkan waktu 2-3 bulan untuk bisa balik modal.

“Sebagai bisnis fast moving, bila ditekuni, omset yang diraup dari camilan yang rasanya sepat-sepat manis ini, sangat menggiurkan. Contoh, jika dalam sehari kita mampu menjual minimal 500 potong dengan harga Rp2.000,-/potong, maka dalam sehari kita bisa membukukan omset minimal Rp1.000.000,-,” kata Ery Ashok, kreator pisang goreng Ta B’nana.
Tak pelak, bisnis makanan kecil yang digemari semua kalangan ini mengalami booming. Kondisi ini berimbas pula terhadap Ta B’nana, si pisang goreng crispy. Tanggapan konsumen yang sangat baik, berlanjut pada desakan untuk mewaralabakan Ta B’nana.

Sejak Juli 2006, pisang goreng yang memiliki keistimewaan garing dan renyah ini, difranchisekan dengan sistem rekanan atau semi franchise. Maksudnya, “franchisee”-nya yang kini jumlahnya lebih dari 10 serta tersebar di Jakarta, luar Jawa, dan Malaysia, hanya diharuskan membeli bumbunya.

Dengan berjalannya waktu, Ta B’nana yang baru saja mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai Makanan Kecil dengan Outlet Terbanyak. Dengan itu, franchisee mendapat 5 kg tepung dan 10 kg crispy seharga Rp20 ribu/kg, gratis.

Jika bahan baku tersebut sudah habis, mereka diharuskan membeli lagi ke franchisor. “Kami menjanjikan Return of Investment dalam waktu 2–3 bulan dan profit margin 20%–30%, dengan asumsi 500 pisang terjual per hari!” tegasnya. Selain itu, franchisor juga mengajarkan know-how-nya. Sebagai bisnis makanan kecil, Ery memberlakukan franchise ini dengan lunak. Misalnya, jika franchisee ingin menyediakan peralatan sendiri, maka franchise feenya dapat dikurangi sebesar Rp3,5 juta.

Demikian pula dengan variasi pisang goreng yang dijajakan, franchisee diizinkan menambahi topping stroberi, keju, atau cokelat. “Untuk harga pisangnya, sejauh ini pisang Ta B’nana dijual dengan harga Rp2.000,- tapi bila franchisee mau menjual dengan harga lebih mahal karena alasan-alasan tertentu ya silahkan. Yang penting jualan laku,” ujarnya.

Untuk lokasi outlet juga tidak ada ketentuan mutlak. “Yang penting berada di kawasan yang ‘ramai’ dan dalam bentuk kios agar proses kerjanya lebih mudah. Karena, pisang dan peralatan kerjanya kan harus disimpan di tempat itu juga,” tambahnya.

Namun, pada kondisi-kondisi tertentu, juga berlaku aturan-aturan tertentu. “Kalau menyalahi aturan terlalu banyak ya kami tegur. Misalnya, pada dasarnya Ta B’nana cuma menjual pisang goreng. Kalau mau menjual gorengan lain ya silahkan, tapi jangan gorengan yang membuat minyaknya bau,” katanya.

Di samping itu, dengan pemberitahuan terlebih dulu, lisensi franchise ini dapat dipindahtangankan. Pada dasarnya, bisnis pisang goreng itu bisnis dengan modal dan risiko kecil.

(Rahmat Saepulloh)

Sumber : http://www.karir-up.com

5 komentar:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat...dan
    Mohon ijin copas artikelnya gan...supaya semakin banyak orang tahu.
    Linknya saya rujuk ke blognya agan....
    jika tidak setuju silahkan
    web : http://www.bisnispengusasa.com
    email : johanb49@yahoo.co.id

    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Jadi pengen nih gan, thx infonya...

    BalasHapus
  3. Bisnis yang satu ini memang sangat menguntungkan, coba lihat... siapa yang tidak suka pisang goreng? Semua suka.

    Ayodeal - Inspirasi Bisnis dan Peluang Usaha

    BalasHapus
  4. Apakah Anda mencari bisnis pinjaman? pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, hutang konsolidasi pinjaman, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll... Atau Anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk alasan apapun. Kami adalah pemberi pinjaman swasta, pinjaman untuk bisnis dan individu di tingkat bunga yang rendah dan terjangkau suku bunga 2%. Jika tertarik? Hubungi kami hari ini di (danieljohnhome@gmail.com) dan mendapatkan pinjaman Anda hari ini
    Salam
    Daniel Yohanes investasi tim

    BalasHapus