Beberapa Info bagi yang berminat :

Sabtu, 09 Mei 2009

Budi Daya Lidah Buaya Sangat Menjanjikan

Budi daya lidah buaya atau Aloevera sangat menjanjikan. Karena lidah buaya bukan semata tanaman hias, tapi menjadi bahan dasar minuman yang menyehatkan. Bahkan bisa dijadikan tepung untuk bahan dasar kosmetika.


”Lidah buaya yang dapat menambah nilai ekonomis dan jenis unggulan adalah barbadencise dan sinencise. Karena pelepahnya besar dan tebal,” kata Syamsuri Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Tani Aloevera di Kampus UI Depok, beberapa waktu lalu.

Selama ini, KSU Tani Aloevera bekerja sama dengan Pusat Sinergi Riset dan Bisnis Fakultas MIPA UI yang dipimpin Erlin Nurtiyani. Menurut Erlin, pihaknya sudah memiliki lima paten produk lidah buaya dalam bentuk minuman, kapsul, tepung, dan evervesant.

Dengan mendirikan PT Kavera Biotech, Erlin memproduksi semua itu dengan bahan baku yang dipasok dari KSU Tani Aloevera. Namun, kata Erlin, produknya hanya menggunakan lidah buaya organik.

”Dari uji coba laboratorium, aloevera yang menggunakan pupuk kimia hasilnya tidak bagus,” katanya yang meneliti pengolahan lidah buaya sejak 1998 dan baru mempatenkannya tahun 2001.

Menurut Erlin, sambutan pasar sangat bagus atas minuman lidah buaya. Petinggi di Mabes Polri menjadi salah satu pelanggannya. Bahkan pernah dikirim ke Abu Dhabi. Namun pihaknya belum siap memenuhi permintaan pasar karena kekurangan bahan baku

”Bulan depan kami sudah ada investor yang sanggup menyediakan mesin untuk pabrik pembuatan minuman dalam kemasan sachet di Sawangan, Depok,” kata Erlin yang berharap minuman lidah buaya bisa menjadi ”Coca-Cola”-nya Indonesia.

Minuman lidah buaya Kavera dikemas dalam botol kaca ukuran 300 ml dijual Rp 7.500 dan untuk ukuran gelas Rp 3.000. Minuman Kavera bisa bertahan sampai satu tahun, meskipun tanpa bahan pengawet. ”Namun Kavera tidak dipasarkan ke pasar modern,” kata Erlin.

1 ton/hari
Sementara itu, Syamsuri mengatakan, KSU Tani Aloevera sudah membina petani-petani di Depok untuk bercocok tanam lidah buaya yang hasilnya mencapai 5 ton sekali panen. Panen lidah buaya rutin dilakukan setiap bulan dengan memetik dua pelepah dari setiap pohon. ”Padahal, kebutuhan lidah buaya dalam satu hari minimal 1 ton,” katanya.

Karena itu, KSU Tani Aloevera mengajak masyarakat menjadi petani lidah buaya dan hasil panennya nanti akan dibeli koperasi dengan harga Rp 1.000/kg. ”Semua lidah buaya hasil dari petani yang kami bina, pasti dibeli oleh koperasi,” ujar Syamsuri.

Syarat untuk mendapat jaminan hasil lidah buaya di beli koperasi antara lain wajib menjadi kelompok tani binaan KSU Tani Aloevera, membeli bibit dari koperasi, serta kualitas tanaman standar koperasi, seperti pelepah tidak luka dan cara pemetikan dilakukan dengan benar.

Harga bibit lidah buaya Rp 2.000/batang umur dua bulan, untuk pupuk organik dan pupuk kandang kambing dipasok koperasi. ”Karena pupuk organik dan pupuk kotoran kambing sangat baik untuk pertumbuhan lidah buaya. Jika menggunakan pupuk kotoran ayam hasilnya tidak bagus. Kalau menggunakan kotoran sapi harus direbus dulu,” kata Syamsuri sambil menambahkan petani bisa menjual bibit anakan lidah buaya ke koperasi Rp 1.000/batang.

(rahmat saepulloh)

Sumber : http://www.karir-up.com

16 komentar:

  1. Hi semua,salam kenal saya ada minat untuk usaha ini di daerah saya.
    yang mau saya tanyakan :
    1. dimana bisa membeli bibit lidah buaya ini ?dan harganya berapa
    2. di jenis tanah apa lidah buaya ini bisa tumbuh dengan baik.
    3. ada rekomendasi untuk manufacture yg mau terima hasil budidaya ini , atau exportir referencenya.
    4. berapa lama waktu dari masa tanam sampai bisa panen.

    untuk detailnya bisa email saya di kezia_orchid@yahoo.com.au / mobile : 0813 - 1971 - 3982 terimakasih - ivy kezia -

    BalasHapus
  2. salam kenal.Saat ini saya sedang mencoba untuk memulai berwirausaha.Ketika membaca artikel diatas saya jadi tertari untuk budidaya aloe vera tsb,
    yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya menjadi petani binaan KSU Tani Aloevera?

    untuk detailnya bisa email saya di burningsun20022002@yahoo.com / mobile : 081227201501 terimakasih - maftuh -

    BalasHapus
  3. salam kenal. saya ada minat menanam lidah buaya karena daerah saya merupakan daerah pertanian. saya ingin beralih dari bertani sayuran ke bertani lidah buaya. yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya menjadi petanibinaan KSU Tani Aloevera.

    untuk detailnya bisa email saya di dedenyudeni@yahoo.com / mobile : 081394036032 terima kasih - deden -

    BalasHapus
  4. Tanya bibit?
    Saya tertarik untuk usaha ini,
    Kalau di Medan (Sumut) dimana bisa dapatkan bibitnya?
    Atau kalau dari Jakarta harga & biaya kirim bisa kena berapa?
    Thanks
    (Please reply to my mail)

    BalasHapus
  5. slm kenal,nama saya haris,saya tinggaldikota pariaman provinsi sumatera barat, saya sangat tertarik dengan usaha budidaya lidah buaya ini, saya punya lahan lebih dari 1 ha,untuk itu saya ingin menanyakan bagaimana cara membudidyakan lidah buaya ini (detailnya), atau bisa gak saya jadi mitra binaan KSU Tani Aloevera?tlg balas email saya ini ke : cute_hm@ymail.com atau lewat telp/sms ke 085274115251 atau 07519779814. thanks

    BalasHapus
  6. Asslk wr wb
    salam kenal buat mas rahmat
    mas, saya tertarik dengan bisnis ini sebenarnya sudah lama, tapi semakin tertarik lagi setelah ada tayangan pengusaha lidah buaya yang sukses di salah satu stasiun tivi swasta.
    pertanyaan saya, apakah bisa budidaya itu dilakukan di jakarta, dengan iklim seperti ini? Lalu berapa minimal lahan yang dibutuhkan? Brapa banyak bibit yang harus dibeli untuk awalnya? Itu dulu trim's, tolong ke email saya: pakde_dewe@yahoo.com
    Wasslkm wr wb

    BalasHapus
  7. Salam kenal buat mas Rahmat
    Saya tertarik dan ingin tahu lebih detail.

    Saya didaerah ciputat ada lahan 1000 m
    berapa bibit utk lahan tersebut. dapat dibeli dimana.
    Alamat KSU UI Depok dimana.
    Tolong Email nya ke :

    jokoye27@yahoo.co.id

    Terima kasih ( Joko Y )

    BalasHapus
  8. assalamualaikum wr wb,
    saya ingin membeli pelepah lidah buaya dr koperasi bagaimana caranya and berapa ongkir sampai medan?
    terimakasih mhn bls di vivinurilianivivi@yahoo.com
    phone:081396750100

    BalasHapus
  9. assalamu'alaikum wr. wb.
    saya tertarik mau membeli bibit aloevera dengan jenis barbadencise.... dimana saya bisa membelinya?
    terima kasih sebelumnya dan mohon balas ke ken_dedes15@yahoo.com

    BalasHapus
  10. assalamu'alaikum wr wb.
    saya tertarik dengan budidaya lidah buaya ini karena kebetulan ada sedikit tanah yang belum dioptimalkan. kalau boleh tahu, kondisi seperti apa yg sesuai untuk budidaya lidah buaya serta alamat KSU UI depok spy bisa konsultasi lebih lanjut. tlg balas ke dee_dr@yahoo.com
    tks

    BalasHapus
  11. saya tertarik mau membeli bibit aloevera dengan jenis barbadencise.... dimana saya bisa membelinya? dan berapa harga-nya ya??
    mohon email di dwee_purwanto@yahoo.com
    terima kasih

    BalasHapus
  12. saya tertarik dengan usaha ini, mohon petunjuknya lebih detail lagi ke email berikut: marif_prasetiya@yahoo.com. trmkash

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum,,,,
    saya sangat tertarik untuk bisnis ini,,, karna saya mengambil jur agribisnis,,,
    tolong ksih masukan yach ^^, mksih

    BalasHapus
  14. Assalamu alaikum.........
    Saya tinggal di pangkalan Bun, kebetulan lahan ditempat saya bergambut, yang menurut berbagai sumber cocok untuk budidaya tanaman lidah buaya, dan saya sangat tertarik untuk membudidayakannya, namun saya masih belum tahu tentang budidaya lidah buaya dan dan bagaimana cara mendapatkan bibit yang baik, tolong kasih masukannya, terima kasih
    bila berkenan tolong e-mail ke : nor_adrian@yahoo.co.id

    BalasHapus
  15. Assalamu alaikum.
    Saya tinggal di Baturaja, kebetulan ada lahan untuk budi daya Lidah Buaya. Dan saya tertarik untuk mencoba wiraswasta. Namun saya bingung untuk mendapatkan bibit unggulan. Bisa berikan saya informasi dimana saya bisa mendapatkan bibt tersebut? Mohon dikirim ke email saya agung_mossadkgb@yahoo.com
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalam.

    BalasHapus
  16. saya punya tanah luas dan mau tak tanami lidah buaya minta no hape dan alamat pt kavera bitech dong? ni no happe saya 085695097007

    BalasHapus