Beberapa Info bagi yang berminat :

Sabtu, 09 Mei 2009

Peluang Bisnis PAPER MOULD yang RAMAH LINGKUNGAN

Prospek Bisnis
Keharusan menyelamatkan Bumi tempat kita hidup untuk sampai ke anak cucu menjadi kewajiban setiap orang termasuk pebisnis. Isue hal ini mendunia dan makin tajam dipersyaratkan dalam berbisnis. Penggunaan re-cycle material menjadi bagian dalam proses penyelematan bumi kita ini. Peluang untuk berbisnis menggunakan material daur ulang menjadi lebih nyata dan boleh disiasati oleh pebisnis. Tren dunia akan menuju kesana maka bisnis ini menjadi bisnis menyongsong masa depan. Slaah satu yang boleh dipelajari adalah bisnis PAPER MOULD yang mulai dipakai untuk berbagai produk pelengkap, kemasan, wadah, dilatasi, penopang ringan dimana pada periode sebelumnya banyak menggunakan turunan plastik atau material lain yang lebih sulit di daur ulang. Peluang menjajagi bisnis boleh dilakukan untuk menyongsong bisnis dengan material yang berbiaya rendah tapi juga menjaga kelestarian lingkungan.


Persaingan
Pemain dalam bisnis PAPER MOULD sudah ada di lokal tetapi belum menjamur seperti bisnis berbahan baku plastik yang merambah diberbagai jenis produk atau kemasan. Kalau anda ingin membangun BLUE OCEAN boleh dikaji mendalam peluang dibisnis dengan berbahan baku kertas bekas dengan berbagai jenis dan warna yang ada.

Peluang ekspor secara langsung sebagai produk jadi atau menjadi pelengkap produk ekspor menjadi terbuka karena bisnis ini menjadi bagian dari persyaratan dalam HSE ( Health Safety & Environment ) yang makin meluas aplikasinya. Player lokal belum terbentuk terlalu banyak, channel ke luar harus dibentuk untuk menjadi landasan pertama bisnis yang butuh volume dalam transaksi penjualan untuk mencapai nilai ekonomis. Produk-produk PAPER MOULD contohnya kemasan telur ayam, pengganjal dalamnya sepatu, kemasan komponen dalam produk elektronik seperti tempat kabel, konektor, baut mur dll . Pengembangan produk PAPER MOULD masih luas tergantung kejelian produsen melihat peluangnya.


Kunci Sukses Bisnis

Mutu
Pemenuhan mutu dari hasil produksi sesuai spesifikasi bahkan harus mendapatkan approval dari pembeli atau pengguna dalam dan luar negeri menjadi keharusan agar mampu menggantikan produk sejenis berbahan baku di luar kertas daur ulang. Secara fungsi, kekuatan, tampilan, desain harus mampu menjadi produk pengganti yang baik. Mutu PAPER MOULD ditentukan oleh beberapa hal termasuk mutu bahan baku , mutu dari MOULD-nya sendiri bahkan desain dari Produk sendiri sehingga secara fungsi dan kekokohannya memenuhi syarat.

Harga Bersaing
Sebagian produk dari PAPER MOULD merupakan produk pengganti sehingga baik secara mutu harus memenuhi, juga secara harga mampu bersaing dengan produk yang digantikan. Sedangkan harga sangat dipengaruhi oleh material cost yang harus rendah dan biaya MOULD yang sering menjadi beban karena berharga tinggi. Oleh karena itu mesti ada skala ekonomis dari order untuk menutupi investasi dari MOULD sendiri, meskipun masih bisa didesain supaya biaya MOULD sendiri biasa lebih rendah. Ini kunci persaingan yang harus dibentuk. Sisi lain biaya yang harus bisa dihemat adalah biaya transportasi maka bisnis ini berbasis Profit Model Local Leadership yaitu Anda harus menguasai pelanggan dengan radius tertentu dari pabrik Anda sehingga biaya transportasi yang cenderung naik terus dapat dihemat sehingga harga menjadi lebih bersaing.

Delivery Time
Ingat, kalau produk dari PAPER MOULD Anda merupakan produk pelengkap dari suatu produk tertentu misal pengganjalan dalamnya sepatu, alas/kemasan dari telor ayam berisi 10 atau 12 biji maka kesemuanya merupakan pendukung dari industri lain, maka kemampuan men-deliver tepat waktu atau menjamin kontinuitas supply menjadi utama karena pelanggan bisa tersendat bisnisnya karena keterlambatan kita.

Kontinuitas Supplai Material
Untuk menjadi kontinuitas supplai material Anda perlu bekerja sama dengan beberapa industri berbahan dasar kertas dengan jenis dan warna yang ditentukan untuk kemudahan Anda memproduksi dengan bauran produk yang lengkap sesuai kebutuhan pelanggan.

Lokasi
Seperti disebutkan diatas bahwa Profit Model Local Leadership maka lokasi pabrik Anda harus strategis dengan pelanggan yang menjadi target pasar karena akan mampu membangun cost leadership. Maksimalkan potensi disekeliling pabrik Anda bila ternyata Anda membeli pabrik yang sudah ada sehingga penguasaan pasarnya akan mampu tercapai.

Bagaimana kalau menjual/membeli Bisnis Produsen PAPER MOULD

Bila Anda ingin menjual/membeli bisnis Produsen PAPER MOULD maka beberapa faktor kunci adalah :
1. Product Quality :
Apakah mutu produk dari sisi desain yang mempengaruhi kekuatan, mutu material dan barang jadi, tampilan dan kerapihan ( workmanship ) dari produk sendiri

2. Jumlah Pelanggan Loyal
Sebagai produsen maka hal terpenting adalah kontinuitas produksi sehingga seluruh beban depresiasi dari tanah, bangunan dan mesin akan mampu terserap. Dengan demikian maka tim sales harus agressif mendapatkan pelanggan baru dan harus ada yang me-maintain pelanggan lama untuk kontinuitas order. Sistem Kontrak Order perperiode bisa jadi model untuk mengamankan volume order

3. Organisasi Ramping :
Bisnis ini karena salah satu Profit Modelnya adalah Low Cost Business Design maka harus mempunyai overhead yang ringan sehingga organisasi harus ramping karena ditunjang dengan otomatisasi dari mesin yang membuat bubur kertasnya sampai pencetakannya

4. Kesehatan Finansial
Sistem kerja job order sering menjadikan piutang dagang menjadi besar bila kita mensupplai kepada produsen yang memang harus juga menanggung piutang kepada pelanggan mereka. Pilih peanggan yang berorientasi ekspor sehingga cash income mereka lebih baik atau yang berbisnis retail karena mereka lebih punya penerimaan tunai. Pengendalian biaya mulai dari investasi dan operasional harus rendah menjadikan bisnis ini profitable. Pastikan bisnis ini dalam perhitungan product cost masih punya margin yang baik sehingga depresiasi mampu tertutup. Pastikan keuangan dalam keadaan sehat untuk meminimalkan risiko dalam membeli bisnis ini.

Sumber : http://www.business-broker.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar