Beberapa Info bagi yang berminat :

Sabtu, 09 Mei 2009

Innovation or Die

Beberapa hari yang lalu saya ketemu dengan petinggi sebuah perusahaan patungan (Joint Venture) antara Korea Selatan dan Jepang yang memproduksi plat baja. Dia memanggil saya untuk sharing mengenai sebuah pelatihan management skill for managers. Sebagai seorang ‘copang’ (cowok panggilan) alias trainer, saya mendengarkan dengan serius, apa sih kebutuhan calon klien. Dari pembicaraan tersebut, saya menangkap kesan kuat adanya kecemasan yang amat sangat soal krisis global. Ketika saya tanyakan. “memangnya dampak krisis buat perusahaan ini apa pak?”. Dengan sigap dia menjawab: “Wah luar biasa pak.” “Maksudnya, bisa bapak jelaskan,” saya mengejar. “Asal bapak tahu, uang yang kita gunakan ini adalah sisa tahun 2008”. Menurutnya, anggaran ini hanya mampu bertahan sampai bulan Juli. Karena permintaan dari buyer terbilang sangat sedikit. Bahkan saking minimnya, demand yang sudah MOU juga batal.

Ironisnya lagi, karena permintaan sudah deal, maka perusahaan (bagian produksi) dengan gagah berani mencari tenaga outsourcing sebanyak 50 orang. Tentu saja sudah teken kontrak untuk masa kerja waktu tertentu (PKWT). Akhirnya karena ada pembatalan dari pembeli, terpaksa tenaga outsourcing tersebut juga dibatalkan. Persoalannya tidak berhenti sampai disitu, Kenapa? karena perusahaan juga harus merogoh kocek untuk ngasih uang ‘sangu’.

Saya masih agak bingung soal korelasi antara krisis dengan pelatihan management skill. Lalu saya tanya: Pak, kenapa menurut bapak training ini penting? Katanya ketika membaca di berbagai media cetak dan elektronik ada sikitar 1600 karyawan GM yang dirumahkan. Dengan kemampuan bisnisnya yang tajam, Ia berkata pada dirinya: “Pasti perusahaan akan kena dampaknya.” Dan ternyata intuisi bisnisnya benar. Terbukti order sangat sepi dan bahkan ada pembatalan. Sayangnya, yang melihat soal ini hanya dia. Sehingga insight bisnisnya dipandang sebelah mata oleh yang lain.

Setelah diusut, barulah saya ngeh kenapa ia butuh pelatihan management skill. Karena pelatihan ini akan memberikan wawasan luas mengenai kaitan antara aspek bisnis dengan krisis. Ia mengganggap kemampuan manajemen yang up to date akan memberikan gambaran mengenai situasi krisis dan dampaknya pada perusahaan. Tujuan lainnya adalah justru karena krisis, maka investasi di bidang SDM menjadi sangat signifikan. Sehingga ketika krisis berakhir kompetensi SDM akan fit dengan lingkungan yang kompetitif.

Bicara soal krisis global yang mendera seluruh dunia termasuk Indonesia, sebenarnya bisa dimaknai dalam dua dimensi. Gampangnya adalah dimensi positif dan dimensi negatif. Dimensi negatifnya, perusahaan akan melakukan efisiensi besar-besaran. Dan ini adalah jurus umum yang paling populer di seluruh dunia. Saya tidak menyalahkan jurus ini. Tetapi jurus ini menurut saya membuat semua ‘warga’ perusahaan rada kuatir. Kekuatiran ini berdampak pada matinya kreativitas. Apalagi bila semua orang dipaksa untuk hemat, hemat dan hemat. Padahal sudah berusaha keras untuk hemat.

Secara teoritis pendekatan efisiensi memang mengharuskan demikian. Inilah repotnya kalau bisnis masih bermain di ‘Red Ocean.’ Strateginya masih ngatak-ngutik pada peta kompetisi yang ketat. Berada pada Pasar dan Produk yang sudah ada. Alhasil, pastilah margin keuntungan akan tergerus. Bayangkan, ‘kue’ yang sama direbut oleh banyak pemain.

Secara positif krisis sejatinya dapat melahirkan inovator yang berani melakukan ‘gugatan’ terhadap eksistensi pasar. Dengan menggunakan matriks Ansoff, inovasi dapat dilakukan dengan jalan memetakan hubungan antara pasar dan produk. Strategi yang bisa dimanfaatkan adalah product development. Ini adalah strategi pengembangan produk baru di pasar yang sudah eksis. Caranya, produk diubah menjadi lebih kecil, lebih lebar, lebih tipis atau seperti apapun. Yang jelas inovasi tidak membatasi ruang gerak kreasi atas produk. Disini yang paling utama adalah efektivitas. Terutama pasar melihat sebagai sesuatu yang memiliki added value tinggi. Bisa lebih simple bentuknya, teknologinya, maupun layanannya. Inilah enaknya kalau bermain pada ‘Blue Ocean’. Mau coba?

Ringkas kata, Innovation or Die. Silahkan dipilih!!!

Sumber : http://pembelajar.com

2 komentar:

  1. aslamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI

















































































































    BalasHapus
  2. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Mbah Rawa Gumpala dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Mbah Rawa Gumpala bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 085-316-106-111 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Mbah dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Mbah untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah disini šŸ­Pesugihan Putih Tanpa TumbalšŸ­

    BalasHapus