Beberapa Info bagi yang berminat :

Sabtu, 09 Mei 2009

Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Menjalankan usaha adalah hal yang menantang, kreatif, dan fleksibel bagi masa depan seseorang serta menjadi bos bagi diri sendiri. Disamping mendapatkan penghasilan, juga menciptakan cara hidup baru dalam kehidupan. Menjadi pengusaha memerlukan tinjauan kedepan, kegigihan, dan keberanian. Anda akan keluar dari zona nyaman yang memberikan anda gaji dan melangkah kedalam teritori dunia usaha yang belum pasti.

Kewirausahaan memerlukan karakter yang berbeda. Apakah anda memiliki karakter tersebut?

Bagaimana anda tahu mana yang lebih baik, menjadi karyawan dengan gaji bulanan atau pengusaha sukses? Meskipun tidak ada rumusan yang menjamin keberhasilan usaha, menurut beberapa studi terdapat beberapa karakter tertentu yang dimiliki pengusaha.

1. Memiliki Kepercayaan Diri:

Untuk menjadi pengusaha sukses, anda perlu memiliki keyakinan diri yang luar biasa. Apakah anda bersedia mengatasi semua hambatan dan mencapai tujuan anda?

Jika anda memiliki keyakinan anda bisa melakukannya, maka akan memberikan semua keyakinan yang diperlukan. Dapatkah anda menghitung keyakinan diri anda sendiri?. Tentu saja anda dapat melakukannya, dengan mencoba mendorong diri anda untuk melakukan sedikit lebih banyak dari yang biasa dilakukan setiap harinya. Dan tidak lama, anda akan menemukan diri anda menyelesaikan hal-hal yang mungkin sebelumnya dianggap tidak mungkin.

2. Memiliki Keyakinan Pada Masa Depan Usaha Anda:

Tanyakan pada diri anda, apakah anda benar-benar yakin dengan usaha yang anda lakukan. Jika anda tidak terlalu yakin, anda perlu terus mencarinya hingga anda dapat menentukan satu hal dimana anda bersedia berkomitmen. Agar berhasil di bisnis, anda harus fokus selama 24 jam sehari. Anda akan terus membangun, memperbaiki, dan investasi. Hal ini memerlukan komitmen diri yang luar biasa.

3. Fokus Pada Kekuatan Anda:

Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan. Untuk menjadi pengusaha yang efektif, anda perlu menentukan kekuatan anda dan fokus. Anda akan lebih berhasil dengan mampu mengkanalkan upaya anda ke dalam area terbaik anda. Misalnya, jika marketing adalah keahlian anda, maka anda perlu mempertajam keahlian tersebut dan menggunakan sepenuhnya dalam bisnis. Serta minta bantuan di bidang yang menjadi kelemahan anda, seperti mencari akuntan. Anda bahkan dapat mengubah kelemahan menjadi kekuatan dengan berlatih atau mempelajari area tersebut.

4. Memiliki Keterampilan Mengenali Peluang:

Jika bisnis anda hancur ke esokan harinya, bagaimana anda menyikapinya? Mungkin menganggap sebagai kerugian yang besar, atau sebagai peluang untuk membuat awal baru - untuk meningkatkan, tumbuh, membangun kembali?

Pengusaha yang berhasil melihat segala sesuatunya sebagai sumber peluang. Mereka memiliki sifat ingin tahu dan bertanya segala hal. Tidak memandang apa yang ada dihadapannya, mereka selalu bertanya-tanya jika ada cara melakukan hal dengan lebih baik. Dan jika mereka berpikir bahwa memang ada jalan yang lebih baik, mereka akan menemukan solusi dengan sendirinya atau mendapatkan bantuan dari ahli. Juga, peluang dapat ditemukan dengan banyak cara dan tempat, dan dengan bantuan internet, banyak peluang yang mengetuk layar komputer anda. Jika anda pengusaha sejati, anda akan melihat peluang dimanapun.

5. Menjadi Pengambil Keputusan:

Jika anda memerlukan beberapa informasi, mampukah anda mendapatkannya dengan cepat, tanpa membuang waktu orang lain atau waktu anda?.Letakkan secara terpisah, jika anda harus membuat keputusan, mampukah anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cukup cepat dan kemudian membuat keputusan? Atau akankah anda menunda-nunda, sampai pada kenyataan anda belum membuat keputusan? Menjadi seorang pengusaha melibatkan banyak membuat keputusan. Ingatlah bahwa masing-masing keputusan yang anda buat, tanpa memperdulikan seberapa penting pada saat munculnya, akan mempengaruhi bisnis anda. Kebanyakan pengusaha sukses memiliki insting yang akurat, yang mereka gunakan pada saat mereka merasa ragu.

6. Menjadi Seorang Pemimpin:

Anda tidak mungkin melakukan segala sesuatunya sendiri. Ada saatnya anda memerlukan pegawai, menemui investor, mengajukan pinjaman - sehingga, anda berperan sebagai seorang pemimpin. Jika anda tidak memiliki kemampuan memimpin, anda tidak akan mampu mendapatkan pengikut. Sebagai pemimpin perusahaan, orang yang anda pekerjakan akan melihat anda sebagai panutan dan dukungan. Kemampuan memperikan dukungan dan panduan yang benar adalah dasar keberhasilan anda sebagai pengusaha di lingkup yang besar.

Berpikir berhasil.... Memiliki hasrat... Merencanakan dengan baik.... Bekerja keras... Mau belajar... Tekun dan memiliki keyakinan... Memimpin dengan memberikan contoh adalah karakter menjadi seorang pengusaha sukses.

Sumber : http://pengusahamuslim.com

25 komentar:

  1. saya mw donk..jadi pengusaha sukses.... tapi kya perlu persiapan yang matang dulu ya????

    BalasHapus
  2. saya kpengen jd pengusaha tpi saya blm mempunyai patner jadi lambat dan belum berkembang indrsma@yahoo.com

    BalasHapus
  3. saya jg kpingin jd pengusaha sukses saat ini sy br buka usaha kecil2an, lesehan, tp bgaimana caranya untuk mengembangkan usaha itu

    BalasHapus
  4. diah....

    saya jg mau menjadi pengusaha yang sukses, tp butuh modal yang besar kan?

    BalasHapus
  5. berwirausaha solusi dari kemiskinan, kriminalitas, dan semua yang berhubungan dengan keburukan. cayoo pengusaha...!

    BalasHapus
  6. Yang terpenting untuk menjadi pengusaha adalah action....action.....dan action

    BalasHapus
  7. saya pengen sekali menjadi pengusaha sukses'''????

    BalasHapus
  8. menjadi pengusaha sukses itu seprti bermain judi,disaat ada peluang dan anda yakin,disitulah anda harus cepat membuat keputusan..

    BalasHapus
  9. ada pepatah mengatakan gelar sukses itu untuk pengusaha bukan untuk pekerja

    BalasHapus
  10. aaahhh.,
    Gk ada niat sy buat mnjadi orang sukses., .

    BalasHapus
  11. bagaimna jika kita usaha tanpa mengeluarkan modal,dalam artian kita hanya mengutamakan modal pikiran/ ide dalam usaha kita? bagaimna cara memposisikan DIRI KITA?

    BalasHapus
  12. bos gmn cara mengendalikan keuangan dan strategi dlm melakukan usaha ,supaya usaha kita bs bertahan tau mgk bs meningkat..?

    BalasHapus
  13. bagai mana caranya menjadi pengusaha sukses dan memimpin pegawai menjadi bijak sana

    BalasHapus
  14. bagaimana caranya mengembangkan usaha, menjadi lebih baik lagi dan bagaimana cara menyikapi persoalan ketika kita sedang mengalami kegagalan dalam usaha ?

    BalasHapus
  15. bagaimana cara menjadi pengusaha sukses. tetapi tidak mempunyai rasa pecaya diri terhadap sesuatu yang saya kerjakan..???

    BalasHapus
  16. aku pengen jadi pengusaha deh . tapi aku bingung mau usaha apa nanti . sedangkan aku uga bukan termasuk orang yang punya kreativitas yang tinggi . kira2 gimana yah biar bisa ngasah kreativitas? ku yang tergolong rendah itu?

    BalasHapus
  17. aq pengen banget jadi pegusaha yang sukses kaya' bos q. tapi bagaimana menghilangkan rasa takut gagal?

    BalasHapus
  18. salam sukses dan semangat terus kawan kawan...

    BalasHapus
  19. semua awal memulai bisnis mulailah dg niat krn Allah SWT..
    dan serahkan smua setelah kita brusaha maksimal..pasti Allah akan memperlancarnya

    BalasHapus
  20. ayo actiaon.... ayo jadi pengusaha...

    BalasHapus
  21. ada cara bagaimana menjadi pengusaha yang baik... tolong bantu ya publikasikan ke sya apa sih menurut anda semua usaha yang baik tu....
    makasih...

    BalasHapus
  22. mas kalau jenis usaha untuk masyarakat kelas menengah-kebawah apa saja ya?

    BalasHapus
  23. m.wira pratama27 Maret 2012 05.11

    saya ingin sekali menjadi pengusaha yang sukses dan baik hati!!!!!!!!!

    BalasHapus
  24. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : www.fastpay-nasional.com
    Hp:081335640101

    BalasHapus