Beberapa Info bagi yang berminat :

Sabtu, 09 Mei 2009

Bisnis Serangga, Omset Ratusan Juta/Bulan

Serangga bagi sebagian orang adalah binatang yang menyebalkan dan tidak diinginkan keberadaannya karena kerap megganggu. Namun bagi Sufron binatang –binatang yang besarnya tak lebih dari segenggaman tangan ini merupakan ladang bisnis yang menggiurkan “Karena permintaan semakin banyak, tahun 2004 saya memilih melepaskan pekerjaan konsentrasi ke bisnis serangga, dengan mendirikan CV. Griya Insecta,” ungkap Sufron

Hasilnya memang tidak mengecewakan dengan berbisnis aksesoris dari serangga, Sufron berhasil mendatangkan ribuan dollar ke koceknya setiap bulan. Konsumen produk aksesoris berbahan baku serangga ini, kebanyakan datang dari manca negara seperti Amerika, Kanada, Korea Selatan, Spanyol, Australia dann Selandia Baru. Sedangkan untuk pasar dalam negeri, menurut Sufron peminatnya masih sedikit.

Griya Insecta didirikan tahun 2005 oleh Sufron dan seorang kawannya. Dengan modal awal Rp. 5 juta, ia memulai usahanya dengan membeli lima mesin gerinda, membeli bahan baku dan mempekerjakan 5 orang karyawan. Sedangkan pengetahuan mengenai bisnis handy craft ini, ia dapat dari seorang kolektor serangga asal Jepang yang berminat mencari partner pengumpul serangga asal Indonesia.

Dari kolektor Jepang ini ia mendapatkan pelatihan singkat mengenai teknik pengawetan, dan pengemasan serangga. Hasil kerajinannya berupa, gantungan kunci (key chain), pemberat kertas (paperweight), bingkai, tempat pena dan lain-lain. Serangga–serangga ini diolah sedemikian rupa dengan resin yang dicor dan modelnya disesuaikan dengan kebutuhan produk.

Serangga yang menjadi bahan baku produk aksesoris, memang bukan serangga sembarangan, atau hanya dari jenis tertentu. Untuk mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan produksi dan memiliki nilai jual, Griya Insecta bekerja sama dengan pengumpul serangga dari berbagai daerah di Indonesia seperti Maluku, Papua, Sumatera dan Jawa.

Para pengumpul mengirimkan satu bulan sekali hasil tangkapannya. Dengan jumlah serangga minimal 1000 ekor per jenis. “ Kami hargai per ekor, kami akan sortir sebelum melakukan pembayaran dan untuk barang yang rusak akan kami kembalikan dan saat ini Griya Insecta mempunyai sembilan mitra pengumpul; 2 di Jawa Barat; Sukabumi & Tasik, 1 di Papua, 2 di Sulawesi, masing–masing 1 pengumpul di Pagar Alam, Bengkulu, Ambon, dan Banyuwangi,”paparnya

Untuk mendapatkan serangga yang diinginkan, pada mulanya Sufron mencari tahu jenis serangga dan habitatnya. Setelah itu ia mengunjungi desa –desa di sekitar lingkungan habitat serangga incarannya itu dan memberikan pelatihan singkat dari cara menangkap, pengetahuan mengenai jenis serangga, dan pengemasannya.

Daerah-daerah di Indonesia yang memiliki serangga seranga yang bernilai jual tinggi, salah satunya di gunung Halimun Sukabumi. Ada beberapa serangga yang digunakan untuk handicraft yang merupakan musuh para petani jagung seperti kumbang kodok (sagra femoralis) dari Jawa Timur, Kumbang Kepik (catacanthus incarnathus) dari pulau Lombok yang merupakan hama petani tanaman jarak serta ada juga kumbang hama penggerek pohon kelapa (xylotrupes gideon). Kupu-kupu dari Indonesia yang populer di pasar mancanegara antara lain PapilioBlumei (Sulawesi), Papilio Ulysses (Maluku).

Nilai jual bahan baku untuk jenis ini tidak kurang US$ 2 per satuan untuk kualitas A1. Bahkan ada jenis kumbang yang mempunyai nilai jual tinggi. Kumbang Allotopus rosenbergi (Gunung Halimun Jawa Barat) untuk ukuran 7 cm mencapai Rp 300.000/satuannya.

Pasar internasional untuk produk Indonesia boleh dibilang besar, sebab produsen kerajinan tangan dari serangga ini, relatif masih sedikit. Menurut Sufron meski usahanya mendapat kompetitor dari Cina, ternyata serangga asal Indonesia lebih banyak peminatnya, lantaran warnanya lebih bervariasi dan lebih eksotik. Namun karena bahan baku yang terbatas, tingginya permintaan pasar internasional akan kerajinan tangan berbahan baku serangga ini masih belum dapat dipenuhi.

Saat ini, Griya Insecta baru bisa memproduksi tidak kurang dari 500 item perhari, dan 20 frame serangga. “Secara keseluruhan kami belum bisa mengimbangi permintaan pasar, karena bahan baku terbatas,” jelas Sufron yang kini memperkerjakan 30 orang karyawan di bengkel kerajinan serangganya.

Bisnis jual-beli serangga, Griya Insecta saat ini beromset US $25.000 per bulannya, pembeli terbesar datang dari Spanyol dengan nilai transaksi US $10.000.“ Selama ini transaksi berjalan baik. Mereka selalu mengirim uang sebelum barang dikirim,” terang Sufron.

Untuk memenuhi ceruk pasar mancanegara yang masih sangat terbuka terhadap produk kerajinan tangan berbahan baku serangga asal Indonesia.

(Rahmat Saepulloh)

Sumber : http://www.karir-up.com

10 komentar:

  1. saya seorang pemula yang sedang mengumpulkan berbagai macam serangga,karena kebetulan saya tinggal dia atas bukit di daerah kebumen jawa tengah..dan setiap harinya banyak sekali saya jumpai serangga2 aneh dan antik2.mohon saya diberi tahu cara pengiriman dan kejelasan lainya.....mohon lwt sms saja karena saya gak bisa online setiap saat , terima kasih....hp 081327059699 nama saya putut agus

    BalasHapus
  2. saya seorang pemuda,tinggal didesa terpencil pinggiran kota yogyakarta,sehari bekerja di sawah dan ladang,banyak sekali serangga yg saya jumpai ditempat saya bekerja.setelah saya brousing di internet dan membaca situs ini saya trtarik unk ikut mjd pengumpul,dan mengirimkannya ke tempat bapak,oleh karna itu saya mohon.untk dikasih tw cara pengirimanya bagaimana,dan jenis serangga yg dibutuhkan,tlg di sms lewathp saja,karna jarang sekali OL.no hp saya 087838602745.terima kasih atas perhatian dan bantuanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau pesan serangga bisa ?

      saya intan dari mojokerto jawa timur.

      Hapus
  3. nama saya aceng dr bandung suka membuat fiber yang isinya menggunakan serangga tetapi saya suka kesulitan mencari serangga minta di hubungi di no 081220205549 walau belum partai besar tetapi saya akan ber countinew untuk pengambilan serangga terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau pesan serangga bisa ?

      saya intan dari mojokerto jawa timur.

      Hapus
  4. jual kumbang badak sumatera cp 085228935049

    BalasHapus
  5. jual serangga bungadidi sulawesi selatan (kumbang dan kupu-kupu) hubungi 085342732788/085796956276

    BalasHapus
  6. jual kumbang sichlomatus,tetanus dan masih banyak lagi hub 082293533548

    BalasHapus
  7. Gan saya boleh suplay jenis gideon bisa ga?

    BalasHapus
  8. Mf gan siapa tau saya bisa ikutan bisnis ini gan..kebetulan saya tinggal di daerah yg terdapat banyak jenis serangga siapa tau masih butuh barang tinggal di order aja gan.0855-5925-3571 ini no saya gan.

    BalasHapus