Beberapa Info bagi yang berminat :

Sabtu, 09 Mei 2009

Dibalik Kesuksesan Facebook

n

Siapa sih Mark Zuckerberg? Dia adalah pemuda berusia 25 tahun, perancang teknologi informasi sekaligus pemuda berjiwa wiraswasta. Dia adalah salah satu dari tiga pendiri Facebook, sosok dibalik kesuksesan dan fenomena Facebook.


Lebih dari seratus juta warga dunia kini keranjingan dengan jaringan sosial di dunia maya, Facebook.com. Lewat situs ini, pengguna dapat memperluas pertemanan lintas benua, bahkan kembali ”bertemu” dengan kawan-kawan atau pacar lama yang tidak terlihat lagi seusai perpisahan sekolah.

Presiden AS Barack Hussein Obama bahkan memanfaatkan situs ini sebagai salah satu cara untuk meraih dukungan dalam Pemilihan Presiden AS, tahun lalu.


Saat menuntut ilmu di Harvard University pada tahun 2004, dia menciptakan Facebook bersama dua rekannya, yaitu Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Di usahanya ini, Zuckerberg memiliki tugas dan bertanggung jawab untuk urusan garis kebijakan umum dan penyusunan strategi perusahaan yang kini menjadi rebutan para pemasang iklan dan para investor.

Zuckerberg, pemuda yang katanya masih single ini, telah mendapat julukan sebagai “salah satu orang yang paling berpengaruh pada tahun 2008” versi majalah Time. Majalah Forbes mendeklarasikan Zuckerberg sebagai miliuner ‘self made’ termuda di dunia, karena kekayaannya memiliki 20 persen saham di Facebook senilai 3 miliar dollar AS. Wow!
Forum ekononomi Davos 2009 memasukkan nama Zuckerberg dalam daftar pemimpin muda. Zuckerberg tampil dalam sesi “Pengalaman Digital Mendatang” pada Forum Ekonomi Dunia yang diselenggarakan di Davos, Swiss tersebut. Zuckerberg dinilai berprestasi dan memiliki komitmen terhadap masyarakat serta berpotensi menyumbangkan ide untuk membentuk tatanan dunia baru.

Tidak banyak yang tahu tentang kehidupan pribadinya. Sedari bangku SMA dia sudah berkutat dengan urusan komputer. Ketika itu dia ingin membantu jaringan yang dimiliki oleh ayahnya untuk dipertemukan lewat dunia maya. Kebiasaannya yang sering berkutat dengan komputer ini akhirnya terus melekat sehingga dia lupa akan tugasnya sebagai seorang pelajar, dan puncaknya dia harus menerima kenyataan ; drop-out dari Harvard!


Kiprah Zuckerberg lewat Facebook melesat bak roket. Pada Februari 2004 ketika Zuckerberg meluncurkan program itu, para siswa di Amerika Serikat langsung membuka akun di Facebook dan dari mulut ke mulut menyebar hingga merambah ke sekolah dan universitas lain. Zuckerberg dan timnya pun kemudian pindah ke Palo Alto, California, dan mulai merangkul investor, seperti pendiri PayPal, Peter Thiel, dan pendiri Napster, Sean Parker. Pada Agusutus 2005 Zuckerberg secara resmi menamakan perusahaannya Facebook. Setelah berhasil mengumpulkan modal 12,7 juta dollar AS, dia mengembangkan perusahaan ke level berikutnya. Situs ini secara bertahap dan konsisten terus memperluas jaringan.
Dan saat ini, ada lebih dari 175 juta pengguna aktif dengan berbagai fasilitas yang ada di situ situ.

Mengapa Facebook begitu melejit? Mengapa Facebook disukai banyak orang? Seorang pakar teknologi informasi, Dr. Linda M. Gallant, Asisten Profesor dari Emerson College, Boston, mengatakan, Situs internet umumnya menyajikan informasi dan para penjelajahnya hanya menerima apa adanya. Sekarang ini para penjelajah ingin berpartisipasi sebagai pengisi situs dan Facebook memenuhi hasrat itu. Facebook pun kini menjadi situs keempat yang paling sering dikunjungi di dunia.

Mengapa Facebook mengejar My Space, situs jaringan sosial terbesar pertama di dunia sebelum April 2008? Keadaan bahkan sudah berubah, Facebook tidak lagi nomor dua sebagaimana ditulis di situs Techcrunch.

Situs Mashable (The Social Media Guide) menyatakan, desain Facebook lebih enak dilihat dan dijelajahi serta menawarkan hal-hal yang lebih riil. Sebagai contoh, Facebook menawarkan orang lain yang kira-kira Anda kenal untuk di-add (ditambahkan) jadi teman. My Space juga menyodori Anda beberapa teman, tetapi termasuk menyodori orang-orang dari negeri antah berantah menjadi teman.


Kesuksesan Zuckerberg juga dibarengi dengan kehebohan-kehebohan. Seperti kontroversi tentang tuduhan beberapa teman sekolahnya terhadap zuckerberg yang diduga mencuri ide ConnectU untuk Facebook. Namun, gugatan tersebut ditepis oleh pengadilan. Kehebohan selanjutnya adalah Zuckerberg dianggap menjual data-data pribadi pemilik akun, tanpa menghargai privasi.

Zuckerberg juga pernah mencengangkan banyak orang, karena menampik tawaran Yahoo untuk membeli Facebook seharga 1 Miliar dollar AS (atau sekitar Rp 12 Triliun). Setahun kemudian, Microsoft membeli 1,6 persen saham Facebook seharga 240 juta dollar AS. Kini nilai ekonomi Facebook ditaksir sebesar 15 miliar dollar AS.


Ya, Facebook kini kebanjiran uang. “Mengherankan juga, begitu banyak tawaran datang,” kata Zuckerberg kepada Techcrunch, Desember 2008 yang lalu.

Apapun latarbelakang kemajuan Facebook, nama Zuckerberg sudah melejit ke seluruh dunia. Banyak pengguna Facebook yang merupakan orang-orang elite dunia. Facebook juga menjadi sarana komunikasi para karyawan Toyota, Ernst & Young, dan perusahaan kaliber dunia lainnya.


Ambisi Zuckerberg terus membuat Facebook menjadi senyaman mungkin untuk jadi alat penyatu warga dunia.

(rahmat saepulloh/ berbagai sumber)

Sumber : http://www.karir-up.com

1 komentar: