Beberapa Info bagi yang berminat :

Sabtu, 09 Mei 2009

Kisah Pengusaha Sukses dengan Modal Seadanya

Nonton Kick Andy pada hari Minggu, 30 Maret 2008 di Metro TV kemarin, membuat aku tercengang. Pada episode ini, topik yang diangkat adalah mengenai kisah-kisah pengusaha sukses dengan berbekal modal seadanya. Sebagai tamu : pendiri dan pengusaha bisnis waralaba “Tela-Tela”, yang diwawancarai mengenai omsetnya sekitar (1-2 M/bulan) ck..ck.. kemudian pengusaha pakaian jadi “Ouval Research” yang masih sangat muda dgn omset diatas 1 M per bulannya, modal awalnya hanya Rp. 200.000,- itupun patungan dengan beberapa temen-temennya (salut bgt bro..plok…plok). Kemudian, pemilik jasa kurir/pengiriman paket “NCS”/”City Courier” dengan pendapatan per bulan yang fantastis. Di awal-awal usahanya sampai rela menjual cincin kawin milik istrinya. Terakhir, didatangkan bintang tamu wanita yang hebat yakni pengusaha perikanan dan sudah memiliki pesawat sebanyak 9 buah dan dalam waktu dekat jumlahnya akan menjadi 14 buah, yakni Susi Pudjiastuti dan pesawat-pesawatnya dinamai Susi Air. Tau modal pertama yang dia pakai buat merintis usaha perikanan tersebut, yakni hanya 150rb rupiah..ck..ck… dan lebih herannya, beliau pendidikan di tingkat SMA saja tidak tamat. Pengusaha satu ini memang lain dari bintang tamu yang dihadirkan disitu yang mayoritas pendidikan terakhirnya minimal Sarjana. (Maaf, tidak bermaksud memandang rendah tingkat pendidikan seseorang). Dengan keuletan dan kerja keras (yang pasti bekal kecerdasan yang sudah dibawa sejak lahir), mengantarkan istri seorang pria bule ini sukses.

Sungguh mereka semua adalah potret pengusaha yang pekerja keras, semangat tinggi, dan tak kenal menyerah. Patut untuk dijadikan contoh.

Dalam acara tersebut juga disertai komentar pakar dalam bidang bisnis yang berpendapat bahwa kunci kesuksesan mereka terletak pada deferensiasi pada usaha yang dijalankan serta target market yang pas dan tepat. Pengusaha-pengusaha tersebut mampu memberikan ’sesuatu’ yang unik yang mungkin tidak bisa diberikan oleh pengusaha dengan produk sejenis. Itulah yang menyebabkan mereka bisa eksis dan sukses sampai mencapai posisi sekarang.

Kiranya cerita-cerita semacam itu bisa memberi inspirasi, motivasi dan semangat untuk lebih berusaha karena hidup memang harus diperjuangkan.

Sumber : http://deatta.wordpress.com

3 komentar:

  1. Ada acara sejenis yang mengangkat banyak kisah para pengusaha sukses yg berawal dr kesederhanaan dan kesulitan ekonomi, sejauh ini sudah mengangkat puluhan kisah nyata yg sangat inspiratif. Acaranya berjudul "Hidup Ini Indah" yang ditayangkan setiap hari Sabtu jam 12 siang di Trans TV

    BalasHapus
  2. Generasi sekarang harus melihat kesuksesan seseorang dengan cara proses tidak sekedar hanya ujug ujug sukses.

    BalasHapus
  3. Sy seorang wirausaha bergerak dibidang kontruksi bangunan. awal saya buka usaha perumahan usia 21 tahun , sekarang saya sudah 29 tahun , n alhamdulillah usaha perumahan saya sudah berkembang n mau buka cabang lagi di luar kota.jatuh bangun dalam berusaha itu biasa.sayaa tidak heran karena saya sudah terbiasa bekerja keras dari usia 18 tahun. yang pengen kenalan monggo pinarak di fb saya .
    salam kenal teruntuk semua... pak salam mandiri

    BalasHapus